Senin, 26 Desember 2016

Pengaruh pendidikan terhadap perkembangan perilaku manusia



Pendidikan itu normative (yang bersumber pada tugas-tugas perkembangan dan kriteria kedewasaan). Norma-norma ini merupakan seperangkat: pengetahuan, fakta, system nilai, prosedur dan teknik, sikap-sikap etis, estetis, social, ilmiah, religius, serta keterampilan serta kemahiran gerakan, tindakan pembicaraan, dan sebagainya yang ruang lingkup dan urutannya disusun berdasarkan tahapan perkembangan sesuai dengan konteks, jenis lingkungan pedidikan yang bersangkutan dan sekaligus pula merupakan perangkat kriteria keberhasilannya.

                Dengan menggunkan konsep dasar psikologi, khususnya dalam konteks pandangan behaviorisme, kita dapat menyatakan bahwa praktik pendidikan itu pada hakikatnya merupakan usaha conditioning (penciptaan perangkat stimulus) yang diharapkan pula menghasilkan pola-pola prilaku tertentu. Prestasi belajar dalam trem-trem pengetahuan, sikap dan keterampilan merupakan indicator-indikator atau manifestasi dari perubahan dan perkembangan perilaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar