Meskipun pendidik pada dasarnya baik tetapi dalam
pelaksanaannyamungkin saja bisa terjadi kesalahan-kesalahan yang lazimnya
disebut salah didik. Hal demikian bisa terjadi karena pendidik itu adalah
manusia biasa, yang tidak luput dari kelemahan-kelemahan. Sehubungan denga itu
ada 2 kemungknan yang bisa terjadi, yaitu:
tingkat keutuhan perkembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh 2 faktor, yaitu kualitas dimensi hakikat manusia, itu sendiri secara potensial dan kualitas pendidik yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya. Meskipun ada tendensi pandangan modern yang lebih cenderung memberikan tekanan lebih pada pengaruh factor lingkungan. Optimism ini timbul berkat pengaruh perkembangan iptek yang sangat besar yang memberikan dampak kepada peningkatan perekayasaan pendidikan melalui teknologi pendidikan.
2. Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan unutk ditangani, misalnya dimensi kesosialan didominasi oleh pengembangan domain kognitif. Demikian pula secara vertical ada domain tingkah laku yang terabaikan penanganannya. Pengembangan yang tidak utuh berakibat terbentuknya kepribadian yang pincang dan tidak mantap. Pengembangan semacam ini merupakan pengembangan yang petalogis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar