Adalah adaptasi dari teknik
teka-teki Elliot aronson (1978). Dalam teknik ini, siswa bekerja dalam anggota
kelompok yang sama, yaitu 4 orang, dengan latar belakang yang berbeda seperti
dalam STAD dab TGT. Para siswa ditugaskan unutk membaca bab, buku kecil, atau
materi lain, biasanya bidang study social, biografi, atau materi-materi yang
bersifat penjelasan terperinci lainnya. Tiap anggota tim ditugaskan secara acak
untuk menjadi “ahli” dalam aspek tertentu dari tugas membaca tersebut. Sebagai
contoh misalnya, dalam unit pelajaran tentang mexico, salah satu siswa dalam
masing-masing tim dipilih untuk menjadi ahli sejarah, yang lain ahli ekonomi,
yang ketiga ahli geografi, dan yang ke empat ahli budaya. Setelah membaca materinya
para ahli dari tim berbeda bertemu untuk mendiskusikan topic yang sedang mereka
bahas, lalu mereka kembali kepada timnya untuk mengajarkan topic mereka itu
kepada teman satu timnya. Akhirnya akan ada kuis atau bentuk penilaian lainnya
untuk semua topic. Penghitungan skordan rekognisi didasarkan pada kemajuan yang
dicapai seperti dalam STAD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar