Rabu, 21 Desember 2016

Karakteristik Proses Manajemen Sekolah



Karakteristik sekolah adalah aspek-aspek proses persekolahan yang berkontribusi terhadap hasil belajar siswa. Dari berbagai sumber, diidentifikasi dua kelompok kajian mengenai karakteristik manajemen sekolah efektif. Pertama, kajian yang memusatkan analisisnya terhadap karakteristik tertentu yang berkontribusi terhadap sekolah efektif, di antaranya adalah karakteristik budaya organisasi sekolah (Cheng, 1993), proses pembuatan keputusan (Taylor & Levine, 1991), perubahan organisasi dan manajemen (Louis & Miles, 1991), perilaku kepemimpinan kepala sekolah (Heck, Marcoulides & Lang, 1991), dan keefektifan pengajaran (Virgilio, Teddlie & Oesher, 1991). Kedua, kajian yang memusatkan pada berbagai karakteristik umum sekolah, seperti ditemukan dalam kajian Mortimore (1993), penelitian Moedjiarto (1990), dan penelitian Witte dan Walsh (1990).

            Dari berbagai sumber terakhir ini diidentifikasi berbagai karakteristik proses sekolah efektif meliputi: (1) perencanaan dan pengembangan sekolah, (2) iklim dan budaya sekolah, (3) pemantauan terhadap kemajuan siswa, (4) kepemimpinan kepala sekolah, (5) pengembangan guru dan staf, (6) pengembangan siswa, (7) pemberdayaan orangtua dan masyarakat, (8) penghargaan dan insentif, (9) tata tertib dan kedisiplinan, (10) pengelolaan  kurikulum, dan (11) akuntabilitas sekolah. Ke-11 karakteristik tersebut saling mendukung dalam mendorong terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar