Karakteristik sekolah adalah aspek-aspek proses persekolahan yang berkontribusi terhadap
hasil belajar siswa. Dari berbagai sumber, diidentifikasi dua kelompok kajian
mengenai karakteristik manajemen sekolah efektif. Pertama, kajian yang memusatkan
analisisnya terhadap karakteristik tertentu yang berkontribusi terhadap sekolah
efektif, di antaranya adalah karakteristik budaya organisasi sekolah (Cheng,
1993), proses pembuatan keputusan (Taylor & Levine, 1991), perubahan
organisasi dan manajemen (Louis & Miles, 1991), perilaku kepemimpinan
kepala sekolah (Heck, Marcoulides & Lang, 1991), dan keefektifan pengajaran
(Virgilio, Teddlie & Oesher, 1991). Kedua, kajian yang memusatkan pada
berbagai karakteristik umum sekolah, seperti ditemukan dalam kajian Mortimore
(1993), penelitian Moedjiarto (1990), dan penelitian Witte dan Walsh (1990).
Dari
berbagai sumber terakhir ini diidentifikasi berbagai karakteristik proses
sekolah efektif meliputi: (1) perencanaan dan pengembangan sekolah, (2) iklim
dan budaya sekolah, (3) pemantauan terhadap kemajuan siswa, (4) kepemimpinan kepala
sekolah, (5) pengembangan guru dan staf, (6) pengembangan siswa, (7)
pemberdayaan orangtua dan masyarakat, (8) penghargaan dan insentif, (9) tata
tertib dan kedisiplinan, (10) pengelolaan
kurikulum, dan (11) akuntabilitas sekolah. Ke-11 karakteristik tersebut
saling mendukung dalam mendorong terselenggaranya proses pembelajaran yang
efektif di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar