Sabtu, 26 November 2016

Hakekat manusia

Menurut Prof. Noto nagoro bahwa manusia adalah monodualisme
  • Manusia sebagai makhluk yang memiliki raga dan jiwa
    1. manusia mempunyai unsur raga dan jiwa yang merupakan kesatuan
    2. Dengan adanya unsur raga ini
    manusia mempunyai sifat-sifat sebagaimana halnya
    3. perbedaan hewan dan manusia disebabkan manusia memiliki jiwa yang yang terdiri dari unsur-unsur cipta, rasa, dan karsa.
  • Manusia sebagai makhluk individu dan sosial

    1. Manusia sebagai makhluk individu dan sosial artinya bahwa manusia tidak pernah hidup sendiri-sendiri, melainkan juga berkelompok
  • manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk tuhan
    1. manusia sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk tuhan. hal ini mengandung arti bahwa manusia memiliki kemampuan-kemampuan yang dapat berkembang unutk selanjutnya dapat merencanakan sesuatu, membudayakan alam semesta/ mengolah alam lingkungan untuk kepentingan manusia.
Konsekuensi pendidikan terhadap manusia 
       manusia sebagai makhluk raga dan jiwa
            atas dasar tinjauan manusia sebagai makhluk monodualisme, maka pendidikan akan menyelaraskan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah maupun kebutuhan rohaniah dipenuhi secara selaras dan seimbang

        Manusia sebagai individu dan sosial
            pendidikan akan memberikan petunjuk/pengarahan agar didalam hidup manusia perlu dipenuhi kebutuhan individunya tanpa mengabaikan kebutuhan orang lain sebaliknya kebutuhan kelompok dipenuhi tanpa menelantarkan dirinya sendiri
         Ditinjau dari monodualisme pribadi berdiri sendiri dan makhluk ciptaan tuhan
             pendidikan akan menyadarkan kepada manusia bahwa apa-apa yang direncanakan ataupun yang dicita-citakan tidak sepenuhnya berkat usaha manusia itu sendiri tetapi tuhan ikut menentukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar