Perubahan merupakan sesuatu yang harus terjadi pada bidang
pendidikkan. Perubahan yang terjadi adalah pergantian Kurikulum 2013 dari
kurikulum sebelumnya. Dalam rangka menerapkan pendidikan yang bermutu,
pemerintah telah menetapkan Kurikulum Tahun 2013 untuk diterapkan pada
sekolah/madrasah. Penerapan kurikulum ini tentu dilakukan secara bertahap. Ada
banyak komponen yang melekat pada Kurikulum 2013 ini. Hal yang paling menonjol
adalah pendekatan dan strategi pembelajarannya. Guru masih memahami dan
menerapkan pendekatan dan strategi pembelajaran kurikulum sebelumnya. Hal ini
perlu ada perubahan mindset dari metodologi pembelajaran pola lama
menuju pada metodologi pembelajaran pola baru sesuai dengan yang diterapkan
pada kurikulum 2013. Tidak semua guru bisa menerima pergantian kurikulum ini.
Guru yang baik adalah guru yang mau menerima perubahan, melakukan pertumbuhan,
dan perkembangan dalam dunia pendidikan.
Pada kurikulum
sebelumnya, proses pembelajaran dikelas mash kurang mendapatkan perhatian.
Belum semua guru melakukan inovasi pada kegiatan inti pembelajaran. Hal yang
terdengar masih membingungkan pada kurikulum 2013 adalah kegiatan inti
pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, kegiatan ini pembelajaran sering disebut
dengan methodology. Bagi semua pemegang kebijakan serta semua pelaksana
pendidikan sangat penting untuk melihat metodologi pembelajaran pada kurikulum
2013. Metodologi ini menggamit pendekatan dan strategi pembelajaran. Pada
penerapan pendekatan dan strategi pembelajaran ini, guru masih berbeda
pendapat. Ada istilah pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, metode
pembelajaran, teknik pembelajaran, dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu,
bagi guru yang terpenting adalah mengubah mindset dan memahami serta
mampu menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang diterapkan pada
kurikulum 2013 ini dengan baik, sesuai dengan standar proses yang telah
dipersyaratkan sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar