Fakta pertama yang penting
tentang perkembangan adalah bahwa dasar-dasar permulaan adalah sikap kritis.
Sikap, kebiasan, dan pola prilaku yang dibentuk selama tahun-tahun pertama,
sangat menentukan seberapa jauh individu-individu berhasil menyesuaikan diri
dalam kehidupan ketika mereka bertambah tua.
Fakta
ke 2 yang penting dari perkembangan adalah bahwa kematangan dan belajar
memainkan peranan yang penting dalam perkembangan kematangan adalah terbukanya
sifat-sifat bawaan individu dalam fungsi phylogenetic, fungsi-fungsi yang lazim
ditemui pada manusia sepereti merangkak duduk, dan berjalan perkembangan
berasal dari kematangan. Belajar dalam bentuk pelatihan sedikit mamfaatnya,
sekalipun pengenalan, terhadap lingkungan mengurangi kesempatan untuk praktek
dapat menghambat perkembangan kematangan memberikan bahan dasar untuk belajar
dan menentukan pola-pola umum dan urutan-urutan prilaku yang lebih umum.
Fakta
ke 3 bahwa perkembangan itu mengikuti pola tertentu dan yang dapat diramalkan.
Misalnya pola-pola teratur, dari perkembangan fisik, motor, bicara, dan
perkembangan intelektual. Hukum arah perkembangan yang disebut “hukum
cephalocaudal” yang menetapkan bahwa perkembangan menyebar keseluruh tubuh dari
kepala ke kaki dan “hukum proximodistal” yang menerangkan bahwa perkembangan
menyebar keluar dari titik poros sentral tubuh ke anggota-anggota tubuh.
Fakta
ke 4 bahwa semua individu berbeda. Seperti yang ditekankan oleh Dobzhansky,
“setiap orang secara biologis dan genetis benar-benar berbeda satu dari yang
lainnya, bahkan dalam kasus bayi kembar (30). Dan terbukti bahwa
perbedaan-perbedaan itu semakin bertambah, bukannya mengurang, semenjak
anak-anak beranjak dari masa kanak-kanak ke masa remaja dan akhirnya ke usia
lanjut. Neugarten mengemukakan bahwa “ orang-orang dewasa tidak saja jauh lebh
komplek ketimbang anak-anak, tetapi juga mereka lebih berbeda satu dari yang
lainnya, dan perbedan ini semakin meningkat dengan beralihnya mereka dari usia
muda ke usia lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar