Senin, 31 Oktober 2016

LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH

         Sebagai akibat dari semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dan terbatasnya kemampuan orang tua, maka orang tua tidak sanggup untuk mendidik anaknya, untuk menjalankan tugas-tugas terseut diperlukan orang lain yang lebih ahli.

(Guru-guru didalam lembaga pendidikan formal adalah orang dewasa yang mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjalankan tugas tersebut).

       pendidikan seperti yang diuraikan diatas dilaksanakan dalam lembaga pendidikan dengan meggunakan perjenjangan yaitu:

  • Lembaga pendidikan dasar
  • Lembaga pendidikan menengah 
  • Lembaga pendidikan tinggi
          Dalam pendididkan formal ini proses belajarnya diatur tingkatan kelas yang berbeda-beda, mengikuti aturan kurikulum, materi pelajaran besifat intelektual akademis dan berkesinambungan serta memiliki anggaran atau biaya pendididkan yang ditentukan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Lembaga pendidikan sekolah yaitu pendidikan lanjutan dari lingkungan keluarga dan merupakan jembatan bagi anak untuk terjun dalam kehidupan bermasyarakat

HAMBATAN LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH
faktor-faktor penghambat 

  • Masalah efektifitas, efisiensi, dan standarisasi pengajaran
  • Rendahnya sarana fisik
  • Rendahnya kualitas guru
  • Rendahnya prestasi siswa
  • Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan
  • mahalnya biaya pendidikan
FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH

  • Mengembangkan pola fikir anak didik, mencerdaskan dan memberikan pengetahuan yang luas.
  • Menanamkan kedisiplinan  anak karena harus menta'ati segala peraturan sekolah.
  • Menanamkan sifat tanggung jawab.
  • Tempat bersosialisasi dengan teman sebaya, para pendidik atau orang yang ada dilingkungan sekitar.
  • Mengenal segala budaya dan aspeknya.
  • Menumbuhkan sifat kedewasaan anak didik.
  • Membentuk kepribadian.
  • Mengembangkan bakat anak didik untuk terjun dalam masyarat.
  • Memeberikan bekal yang cukup sesuai kebutuhannya dimasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar